Ads

Minggu, 24 September 2017

Cara Memasukkan Link dalam HTML

Memberi Link dalam HTML



Perintah untuk membuat link adalah dengan <A HREF="http://www.google.com">Nama Link</A>. 
Anda melihat bahwa tag tersebut diawali dengan A yang merupakan singkatan dari Anchor, kemudian HREF (hypertext reference), yang setelah itu dilanjutkan alamat yang dituju. Perlu diingat alamat yang dituju ini harus berada di antara tanda petik. Setelah itu anda menuliskan nama link-nya - bebas terserah anda, dan terakhir menutup dengan tag </A>. Demikianlah cara membuat link.

Contoh Link di atas akan membawa anda ke situs dengan alamat: http://www.google.com.
Link tidak harus menuju ke alamat situs lain, tapi dapat juga diarahkan ke alamat imel. Sebagai contoh adalah link berikut, yang kalau anda klik akan membuka software untuk mengirim imel dan mengirim ke alamat email yang dituju.

Perbedaan link untuk email dan link ke alamat situs adalah, untuk link email ada kata mailto sebelum alamat email. Link di atas saya tulis dengan menggunakan perintah:
<A HREF="mailto:ardionoa22699@gmail.com">Mengirim email</A>


Pemakaian link berikutnya adalah untuk membawa kursor ke posisi tertentu dalam sebuah halaman. Maka kursor akan berpindah ke tulisan di bawah yang menerangkan tentang karakter khusus. Untuk link seperti ini bentuk yang digunakan adalah "<A HREF="#tujuan">Link yang dimaksud</A>". Dan posisi yang dituju ditandai dengan "<A NAME="tujuan"> Posisi yang dituju</A>". Bentuk HTMLnya seperti ini:

<HTML>
<BODY>
komentar bebas
.
.
.
<A HREF="#tujuan">Link asal</A>
komentar bebas
.
.
.
<A NAME="tujuan">Posisi tujuan</A>
komentar bebas
.
.
.
</BODY>
</HTML>

Dari contoh-contoh link di atas, dapat anda lihat bahwa sebelum diklik, link akan berwarna biru dan setelah diklik warnanya berubah menjadi ungu.

Gambar 1
Contoh, Coba ketik di notepad Anda lalu save dalam format html


Gambar 2
Contoh Hasil, Coba buka file .html Anda dengan browser, maka tampilannya seperti gambar dibawah ini

 

Welcome In Blogger dp-media

Contoh Sliding Login

#

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!